Kamis, 22 September 2011

Perbedaan Antara Java Script Dan Java

Perbedaan Antara Java Script Dan Java

Java, dikembangkan di bawah merekSun Microsystems, adalah penuh bahasa berorientasi objek pemrograman. Hal inidapat digunakan untuk membuat aplikasi standalone dan jenis khusus dariaplikasi mini, yang disebut applet. Applet di-download sebagai file terpisahuntuk browser Anda bersama sebuah dokumen HTML, dan memberikan berbagai fungsiyang tak terbatas ditambahkan ke situs Web yang Anda kunjungi. Hasil yangditampilkan applet dapat terlihat tertanam dalam sebuah halaman HTML (misalnya,banner bergulir pesan yang begitu umum di Jawa-situs ditingkatkan), tapi kodeJava tiba sebagai file terpisah.
JavaScript, yang dikembangkan oleh Netscape, adalah bahasa yang lebih kecilyang tidak membuat applet atau aplikasi standalone. Dalam bentuk yang palingumum saat ini, JavaScript berada di dalam dokumen HTML, dan dapat memberikantingkat interaktivitas jauh melampaui halaman HTML biasanya datar - tanpa perluuntuk server berbasis CGI (Common Gateway Interface) program.
Javascript biasanya dalam penggunaanya digabungkandengan HTML, tujuannya adalah memperkaya HTML supaya bisa lebih interaktif,oleh karena itu java script sangat tergantung dengan browser yang digunakan.Jika browser tidak mengijikan(disable) untuk menggunakan javascript makanaplikasi yang menggunakan javascript tidak maksimal, bahkan bisa saja error.Java adalah bahasa pemogramam berorientasi object(OOP) dimana aplikasi yangdibuat bisa langsung di eksekusi, tentu saja dengan melakukan compiler terlebihdahulu. Bahasa java mirip dengan .Net nya Microsoft, namun java bersifatterbuka, berbeda dengan .Net yang penggunaanya membutuhkan lisensi.
JavaSript cuma bahasa scripting, sedangkan Java bahasapemrograman yang multifungsi dan platform independent. Java bisa digunakanuntuk membuat aplikasi desktop dan juga server (SDK dan EE) ada juga untukpemrograman mobile (ME), sedangkan JavaSript berbasis client side hanya bisadijalakan dengan browser dan dieksekusi di komputer klien.
Selain itu Java juga bisa digunakan untuk membuataplikasi desktop yang dijalankan di Browser dengan menggunakan Applet,sedangkan JavaScript hanya bisa berjalan bila dikombinasikan dengan HTML.
JavaScript adalah suatu script (text) yg dibaca olehbrowser, kemudian diterjemahkan menjadi sekumpulan perintah. Kemudian perintahitu dijalankan di browser. JavaScript (umumnya) disisipkan dlm HTML. Javaadalah suatu program yg dihasilkan (dicompile) di server, kemudian dijalankandi browser (kalo dia Java Applet) atau dijalankan di server (kalo dia JavaServer Pages). Baru hasilnya ditampilkan di browser. Program Java harus diambildari server.
JadiPerbedaan utama antara Jaca Scriptdengan Java adalah cara suatuprogram dieksekusi. Dengan java sendiri penggunakaannya bisa lebih luas, JME--> untuk pengembangan aplikasi pada handphone, JDK -->pengembangan aplikasi pada desktop dan JEE --> untuk pengembanganaplikasi yang besar (enterprise)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar